Ketahui Fungsi dan Bagian Pada Sprocket

  • Posted By : Admin
  • 16 Mar 2023
  • news

Apakah yang di sebut dengan Sprocket dan apa saja bagian - bagian Sprocket beserta fungsinya ?

Sprocket adalah salah satu komponen mesin yang berbentuk roda gigi kecil yang biasanya digunakan dalam mesin penggerak atau mesin lainnya untuk menghubungkan atau memindahkan tenaga dari satu bagian mesin ke bagian mesin lainnya. Sprocket biasanya dipasangkan dengan rantai atau sabuk untuk membentuk sebuah mekanisme transmisi daya yang disebut drive chain atau drive belt.

Sprocket dapat ditemukan dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan digunakan dalam berbagai macam aplikasi seperti di sepeda motor, sepeda, mesin industri, mesin konstruksi, dan mesin lainnya. Dalam industri otomotif, sprocket sering digunakan sebagai bagian dari sistem penggerak roda atau transmisi pada kendaraan.

 

Sedangkan bagian - bagian dari Sprocket adalah sebagai berikut ;

1. Gigi sprocket 

Berfungsi untuk mengikat rantai secara kencang, sehingga rantai bisa menarik sprocket dan membawanya berputar.

 

2. Shaft Sprocket

memiliki fungsi sebagai media yang dilubangi untuk masuk ke shaft komponen mesin seperti shaft roll.

 

3. Alur Key Way

Alur key wey adalah sebuah tempat atau dudukan untuk key way. Key way sendiri bisa diartikan sebagai komponen yang dapat menyatukan alur key way pada sprocket dengan alur key way yang ada pada shaft roll.

 

4. Ulir Lock Baut Tanam 

Bagian ini adalah lubang yang memiliki ulir, berfungsi untuk dudukan baut tanam sebagai kunci pada sprocket. Supaya gear dan key way tidak kendor dan juga lepas.

 

Sprocket selalu berputar menjadi satu bagian dengan chain atau rantai sebagai partner untuk menggerakkan benda kerja atau komponen mesin produksi, sehingga sprocket dan chain tersebut memerlukan sebuah perawatan rutin seperti sebagai berikut :

- Selalu check kondisi kekencangan baut tanam pada sprocket.

- Selalu perhatikan kondisi lubrikasi atau pelumasan pada sprocket dan chain.

- Selalu check dan perhatikan kondisi tension chain atau rantai agar kondisi sprocket lebih awet karena tension chain berpengaruh terhadap beban gerak sprocket.

- Selalu perhatikan sprocket dan chain unit pada saat kondisi running, apakah terjadi noise atau suara abnormal kondisi atau tidak.

 

Untuk lebih memaksimalkan kinerja dari mesin Sobat PUB, alangkah lebih baiknya Sobat PUB ganti komponen yang sudah lama dengan yang baru. Sobat dapat mengunjungi store PT. Prima Untung Bersama untuk mencari komponen mesin berkualitas sesuai dengan kebutuhan Sobat PUB. Ukurannya pun beragam, karena kami sudah bekerjasama dengan berbagai brand internasional, sehingga stok produk kami selalu tersedia.

Jika Sobat PUB ingin membeli produk-produk kami atau hanya sekedar ingin berinteraksi dengan kami, dapat melalui email, direct message instagram atau via Whatsapp dan jangan lupa juga untuk senantiasa mengunjungi marketplace kami melalui link dibawah ini.

 

PT. PRIMA UNTUNG BERSAMA

Telp       : (031) 5945648

Whatsapp   : 0811 3131 538

Email      : info@primauntungbersama.com

Instagram  : @primauntungbersama

Tokopedia  : https://tokopedia.link/pubonline

Shopee      : https://shopee.co.id/pub_online

YouTube    : Prima Untung Bersama

Facebook   : https://www.facebook.com/primauntung.bersama/